Penjelasan Spesifikasi Kaca Film

Spesifikasi Kaca Film

Penjelasan Spesifikasi Kaca Film

Dalam memilih kaca film, kita sering menemukan spesifikasi kaca film yang pada umumnya berisi istilah-istilah seperti TSER (Total Solar Energy Rejection), IRR (Infrared Rejection), UVR (Ultraviolet Rejection), dan VLT (Visible Light Transmission). Meskipun tidak selalu menentukan bagus atau tidaknya suatu kaca film, namun tidak ada salahnya kita memahami sedikit mengenai spesifikasi kaca film.

Total Solar Energy Rejection

TSER adalah persentase keseluruhan panas sinar matahari yang ditolak oleh kaca film. Ini adalah spesifikasi kaca film utama yang harus kita lihat dalam memilih kaca film yang baik dalam meredam panas matahari. Angka TSER dipengaruhi oleh VLT, Infrared Rejected, Ultraviolet Rejected, dan unsur-unsur lainnya.

Visible Light Transmission

VLT adalah persentase jumlah cahaya yang menembus kaca film. Untuk mudahnya VLT dapat diartikan seberapa jelas kita dapat melihat dari luar mobil ke dalam dalam mobil. Sebagai contoh kita lihat spesifikasi kaca film INFINITY Black Optic di bawah ini :

Terlihat di spesifikasi tersebut Black Optic 5 memiliki VLT sebesar 5% yang berarti hanya 5% dari cahaya yang dapat menembus kaca film INFINITY Black Onyx 5, dan dapat juga diartikan objek di dalam mobil hanya terlihat 5% dari luar. Semakin kecil angka VLT ini, berarti semakin gelap kaca film tersebut terlihat dari luar.

Ultraviolet Rejection

Sinar Ultraviolet adalah radiasi elektromagnetik yang dapat menyebabkan berbagai kerugian mulai dari pudarnya warna dashboard mobil sampai kanker kulit. Kaca film INFINITY telah dilengkapi dengan penolakan sinar Ultraviolet sebesar 99,9% seperti kaca film INFINITY Ultran Clear.

Infrared Rejection

Sinar Infrared berdampak 50% dari total panas matahari. Pada dasarnya, sinar Infrared adalah sinar radiasi yang tidak terlihat, dengan ukuran 700 sampai 2500 nanometer. Sedangkan alat pengukur Infrared yang beredar di pasaran saat ini hanya dapat mengukur di 900 sampai 1000 nanometer sehingga dapat dikatakan bahwa alat pengukur tersebut tidak akurat.

Masalah ini ditambah dengan adanya material yang dapat memanipulasi alat pengukur Infrared yang digunakan beberapa produsen kaca film untuk mengurangi biaya produksi. Tentu saja hal ini berarti juga membohongi konsumen.

Sangat tidak disarankan untuk melihat spesifikasi Infrared karena menimbulkan kerancuan, untuk menentukan pilihan kaca film lebih baik gunakan cara-cara seperti di artikel ini.

Share this post